Jurnal Kesehatan Budi Luhur merupakan media publikasi artikel ilmiah dalam bidang kesehatan dalam arti luas seperti keperawatan, kebidanan, kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, gizi, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, biostatistika, informatika kesehatan, administrasi dan kebijakan kesehatan, kesehatan kerja, promosi kesehatan, epidemiologi, teknologi kesehatan, fisioterapi, terapi wicara,dan sebagainya. Jenis-jenis artikel yang bisa dipublikasikan dalam jurnal ini adalah: 1) hasil riset, 2) tinjauan literatur, dan 3) tinjauan buku.

Berikut ini adalah aturan penulisan yang harus dipenuhi agar artikel dapat dipublikasikan dalam jurnal ini:

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dimedia lain, baik cetak maupun elektronik. Jika sudah pernah disampaikan dalam suatu pertemuan ilmiah hendaknya diberi keterangan yang jelas mengenai nama, tempat, dan tanggal berlagsungnya pertemuan tersebut.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia baku dan bahasa Inggris dengan huruf Arial 11 serta spasi 1, dengan sistematika sebagai berikut:
    1. Judul naskah ditulis dengan huruf kapital, singkat, dan jelas serta mencerminkan isi tulisan, maksimum 12 kata (Bahasa Indonesia) atau 10 kata (bahasa Inggris).
    2. Nama penulis ditulis tanpa gelar dan ditulis dengan Capitalize Each Word serta dituis urutan penulis ;jika penulis lebih dari 1 orang (exp: Karwati1, Atira2), diikuti dengan alamat institusi masing-masing (Dituliskan urutan institusinya; exp (1: STIKes Budi Luhur Cimahi , dibawahnya dituliskan Institusi yang berikutnya) dan disebutkan alamat korespondensi kepada penulis lengkap dengan alamat e-mail.
    3. Abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masing-masing maksimum 250 kata, dilengkapi dengan kata kunci (keywords) 4-5 kata.
    4. Isi/batang tubuh:
      • Untuk tulisan berupa laporan hasil penelitian, disusun dengan sistematika sebagai berikut: Pendahuluan (Introduction), Metode Penelitian (Methods), Hasil (Result), Pembahasan (Discussion), Simpulan dan Saran (Conclusion and Recommendation).
      • Untuk tulisan bukan laporan hasil penelitian, disusun dengan sistematika sebagai berikut: Pendahuluan, Bagian-bagian sesuai topik tulisan, serta Penutup berupa kesimpulan dan Saran.
    5. Daftar Pustaka (References) ditulis dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis dengan sistem Harvard. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c, dan seterusnya tepat dibelakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis menggunakan huruf Italic, contoh:
      • Buller H, K. Hoggart .1994. New Drugs for Acute Respiratory Distress Syndrome. New England J Med 337(6): 435-439.
      • Buller H, K. Hoggart. 1994b. The Sosial Integrationof British Home Owners Into Rench Rural Communities. J Rural Studies 10(2):197-210.
      • Dowor M. 1977. Planning aspects of Second homes, di dalam Coppock JT (ed), Second homes: Curse or Blessing? Poxford: Pergamen Pr. Hlm 210-237.
      • Grinspoon L., Bakalar JB. 1993. Marijuana: the Forbidden Medicine. London: Yale Univ Press.
      • Palmer FR. 1986. Mood and Modality. Cambridge: Cambridge Univ Press.
  1. Sitasi dilakukan dengan mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan yang diletakkan dalam tanda kurung. Contoh: Respon dipengaruhi oleh beberapa stimulus, meliputi stimuli fokal, kontekstual, dan residual (Friedman, 1988).
  2. Untuk penulisan keterangan gambar, ditulis Gambar 1; Grafik. dsb.
  3. Bila sumber Gambar diambil dari buku atau dari sumber lain, maka dibawah keterangan gambar ditulis nama penulis dan tahun penerbitan.
  4. Tabel harus utuh, jelas terbaca, dibuat dengan format tabel pada Microsoft Words, tanpa garis pembatas kolom dan baris pada badan tabel, diletakkan simetris ditengah area pengetikan, diberi judul dan tabel dengan angka arab 1, 2, 3,... dst.
  5. Naskah langsung diserahkan melalui website: http://ojs.stikesbudiluhurcimahi.ac.id/ojs sebagai alamat jurnal dalam versi elektronik. Naskah yang telah diserahkan kepada dewan redaksi akan detelaah oleh editor dan Mitra Bestari. Proses pemberian feedback, revisi, penerimaan sampai dengan publikasi dilakukan secara elektronik.